Thursday 9 August 2012

Tips Dan Trik Supaya Catridge Printer Awet


Sebelum membahas Tips Dan Trik Supaya Catridge Printer Awet ada baiknya kita mengetahui dulu cara kerja dari bagian2 yang ada pada Catridge itu sendiri. Di dalam Catridge terdapat bagian2 yang mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda dalam kinerja sebuah printer untuk menghasilkan sebuah tulisan atau gambar yang berkualitas seperti foto. Head yang terdapat dalam sebuah Catridge itu berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta dalam hal ini head lah yang bertugas untuk membuat tulisan serta gambar sedangkan Catridge bertugas sebagai wadah untuk menampung tinta.
Nah, kebanyakan kasus yang terjadi ialah Catridge cepat rusak dalan waktu yang singkat. Itu di karenakan pemakaian yang tidak terkontrol dan terlalu lamanya printer itu tidak terpakai sehingga mengakibatkan tinta dalam Catridge mengeras dan menyumbat kinerja head untuk berfungsi dengan baik. Berikut ini Tips Dan Trik Supaya Catridge Printer Awet dan nyaman dipakai serta tahan lama.

1. Berikan jedah atau istirahat pada saat melakukan print yang banyak untuk mendinginkan head, cukup 10-15 lembar tiap kali ngeprint, apa lagi kalau ngeprint gambar atau foto berikan istirahat yang cukup untuk printer anda.

2.Jangan memakai atau membiarkan Catridge kosong sama sekali sebaiknya di isi sebelum tinta habis dalam wadah Catridge tersebut.

3. Pada saat pengisian tinta, jangan mengisi Catridge terlalu penuh dan jika itu terjadi lakukanlah penyedotan kembali dengan refill kit yang telah ada. Karena hal ini akan mengakibatkan susahnya tinta keluar bahkan dapat menyebabkan head bocor.

4. Pakailah tinta dengan merk yang sama selama penggunaan print, jangan sering2 mengganti merk karena setiap merk tinta memiliki kekentalan yang berbeda-beda.

5.Jangan membiarkan print tidak terpakai dalam waktu yang lama. Sebaiknya pakailah minimal 1 sampai 2x dalam seminggu untuk mencegah pengentalan tinta yang dapat mengganggu kerja head pada printer pada saat penggunaan.

6.Sebaiknya setelah pengisian tinta terlebih dahulu di lakukan maintenance cleaning sebanyak dua kali dan di akhiri dengan deep cleaning.

Selain dari pada Tips Dan Trik Supaya Catridge Printer Awet yang ada di atas kita juga seharusnya menjaga print dari kebersihan, jangan sampai kemasukan benda2 asing dapat mengganggu bahkan merusak Catridge yang merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah printer. Lebih baik mencegah dari pada mengobati itulah kira2 gambaran dari tips di atas. :)



belajar komputer

No comments:

Post a Comment